Ayo Kembali Ke Masjid

Ayo Kembali Ke Masjid


Surabaya - Sungguh miris rasanya ketika menemukan masjid yang besar dan indah, tapi sepi dengan jama'ah ketika memasuki waktu sholat fardhu. Ya begitulah kondisi umat islam sekarang ini. Orang orang berlomba membuat masjid yang besar, megah dan indah bahkan dengan biaya yang fantastis, namun sepi dengan jama'ah sholat, apalagi di waktu sholat subuh, hanya terdiri dari satu atau dua baris yang ompong, itupun jama'ahnya sudah berusia lanjut. Sabtu 30/12/17

Jelang tahun baru 2018  remaja masjid DPD BKPRMI Surabaya mengadakan roadshow gerakan ayo kembali ke masjid yang kali ini dikunjungi adalah masjid tertua di Surabaya.

Masjid Roudhotul Musyawaroh , Masjid Surabaya tertua setelah Masjid Ampel



Masjid yang begitu indah dengan arsitektur yang masih terjaga ke asli annya terlihat sepi jamaah di sholat fardu padahal letaknya sangat strategis di tengah keramaian jantung kota Surabaya, berbanding terbalik dengan tempat tempat sumber ekonomi seperti mall, supermarket dan pasar yang selalu ramai dengan pengunjung hampir di setiap waktu.
Sungguh sangat menggenaskan!!!. Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Belum akan datang Kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid” (HR. Abud Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan al-Baghawi. Hadist ini dinyatakan Shahih oleh al-Albani)

Dari Ali bin Abi Thalib Ra. ia berkata: Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.: “Sudah hampir tiba suatu zaman, kala itu tidak ada lagi dari Islam kecuali hanya namanya, dan tidak ada dari Al-Qur’an kecuali hanya tulisannya. Masjid-masjid mereka indah, tetapi kosong dari hidayah. Ulama mereka adalah sejahat-jahat makhluk yang ada di bawah kolong langit. Dari merekalah keluar fitnah, dan kepada mereka fitnah itu akan kembali .” (HR. al-Baihaqi).

Masjid merupakan simbol tegaknya Islam. Untuk melihat seberapa mengakarkah nilai islam di suatu daerah/kampung, cukuplah kiranya kita lihat masjid2 dan musholla2nya. Dari seluruh jumlah penduduk berapa persenkah yang selalu sholat berjamaah di masjid/musholla??

Maha Suci Allah yang telah berfirman: “Hanya orang yang memakmurkan masjid-masjid Allah, orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah; mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At-Taubah: 18) Yuk cintai masjid...

Yuk makmurkan masjid dan menjadikan masjid sebagai sarana untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.. Seseorang yang mencintai sesuatu pasti hatinya akan selalu terpaut pada hal tersebut. Cinta masjid? Insya Allah terpaut terus sama masjid…. Cakep deh.

“Ada 7 golongan orang yang akan dinaungi Allah yang pada hari itu tidak ada naungan kecuali dari Allah; salah satunya ialah seseorang yg hatinya selalu terpaut dengan masjid ketika ia keluar hingga kembali kepadanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Semoga kita dan keluarga kita termasuk orang orang yang Allah beri petunjuk untuk memakmurkan masjid. Aamiin Wallahu a'lamu bishowab.( Bunda Tri )

Posting Komentar

0 Komentar