Toko Buku Peneleh Surabaya

Toko Buku Peneleh Surabaya

Surabaya - Berjuluk Kota Pahlawan, Surabaya menyimpan banyak petilasan bersejarah. salah satunya adalah toko buku Peneleh di Kecamatan Genteng Surabaya, tepatnya di Jalan Peneleh VII. Toko buku ini diperkirakan dibangun pertengahan tahun 1800.

Di depan rumah HOS cokrominoto terdapat sebuah bangunan tua yang memiliki fungsi sebagai toko buku. dan di sinilah tempat presiden pertama kita membeli buku buku pelajarannya. dan toko buku ini masih berdiri sampai sekarang, toko buku ini sekarang menjual buku buku yang bertemakan rohani.

“Meskipun letaknya di tengah kota, tapi belum banyak diketahui masyarakat,” ujar Muhammad yang sehari-hari menjaga rumah yang difungsikan sebagai toko buku itu.

Konon, dulunya, toko buku ini merupakan percetakan sekaligus tempat untuk memajang buku tentang Islam.

Awal mulanya toko buku ini bersifat netral, artinya menjual banyak buku berbagai judul. Pada mulanya, toko buku Peneleh ini banyak yang menyebutkan sebagai perpustakaan karena pada zaman dahulu banyak para pengunjung membaca di tempat ini tanpa membeli.

Di dalam toko buku ini terdapat buku yang paling lama ada berkisar tahun 1980-an. Jarang ada yang mengetahui letak toko buku ini. Padahal toko buku ini menyimpan banyak sejarah. Bangunan toko buku ini adalah salah satu cagar budaya yang dilindungi pemerintah.


Posting Komentar

0 Komentar