LPPDSDM Siapkan Kaderisasi Jawa Timur

LPPDSDM Siapkan Kaderisasi Jawa Timur



Jakarta - Dirnas LPPDSDM BKPRMI , Nanang Mubarok Take Off ke Surabaya - Jawa Timur, untuk menunaikan amanah DPP BKPRMI dalam rangka TOT Basic  Kaderisasi BKPRMI untuk Mudarrib/Instruktur LMD 1. 

بسم الله توكلت على الله
لاحول ولاقوة إلا بالله...
اللهم هون علينا سفرنا هذا واطوعنا بعده...

"Mohon doa dari semuanya..." Ujar Nanang

LPPDSDM BKPRMI Pusat Periode 2019-2022 membuat terobosan dalam Sistem Kaderisasi BKPRMI dan Pembinaan Pemuda Remaja Masjid dengan meluncurkan Grand Desain Kaderisasi BKPRMI 2019 Sistem Ta’dibiyah yang secara umum mencakup:

1. Kaderisasi internal kader dakwah BKPRMI yang terdiri dari dua program utama; pertama, Kaderisasi Reguler yaitu Pembinaan Kader Reguler dengan Sistem Ta’dibiyah; dan kedua, Kaderisasi Konvensional yang disebut dengan Latihan Mujahid Dakwah (LMD);

2. Pembinaan eksternal dengan meluncurkan Sentra Generasi Qur’ani (SGQ) untuk pembinaan pemuda remaja masjid dilingkungan masyarakat, sekolah dan kampus. Di dalamnya terdiri dari tiga program utama, yakni: pertama, Pengantar Studi Islam (PSI) atau Islamic Study Club (ISC), kedua, Group Studi Islam (GSI), dan ketiga, Group Studi Mandiri (GSM).

Untuk mendukung implementasi Grand Desain Kaderisasi BKPRMI 2019 Sistem Ta’dibiyah ini, maka Tim LPPDSDM Pusat akan menerbitkan buku-buku referensi utama sebanyak 34 buku dan instrument-instrumen pendukung lainnya.  Berikut judul-judul dari 34 buku referensi Utama:
1. Buku Grand Desain Kaderisasi BKPRMI 2019 Sistem Ta’dibiyah
2. Serial Buku Pembinaan Kader Dakwah BKPRMI Sistem Ta’dibiyah dengan judul Halaqah Ta’dibiyah (HATA) sebanyak 6 buku dari HATA 1 sampai dengan HATA 6.
3. Buku Panduan TOT untuk Mudarrib Pembinaan Sistem Ta’dibiyah.
4. Modul TOT untuk Mudarrib Pembinaan Sistem Ta’dibiyah. Ada 3 modul: Modul TOT Basic for Mudarrib HATA Kader Terbina; Modul TFT Intermidate (Ula) for Mudarrib HATA Kader Inti; dan Modul TFT Advance for Mudarrib HATA Kader Utama;
5. Buku Pedoman Pelaksanaan Penataran untuk Para Muaddib HATA.
6. Buku atau Modul Penataran untuk Para Muaddib HATA, sebanyak 3 buku/modul: Modul TOT untuk Muaddib HATA Kader Terbina; Modul TFT untuk Muaddib HATA Kader Inti; dan Modul TFT untuk Muaddib HATA Kader Utama;
7. Buku Pedoman Pelaksanaan Latihan Mujahid Dakwah
8. Modul Latihan Mujahid Dakwah, sebanyak 3 modul: Modul Materi LMD I, Modul Materi LMD II dan Modul Materi LMD III.
9. Buku Panduan TOT untuk Mudarrib Latihan Mujahid Dakwah (LMD)
10. Modul TOT untuk Mudarrib LMD, sebanyak 3 modul: Modul TOT Basic (Ula) untuk Mudarrib, Modul TFT Intermidate (Wustho) untuk Master Mudarrib dan Modul TFT Advance (Aly) untuk Grand Master Mudarrib.
11. Buku Pedoman SGQ (Pedoman Standarisasi Pembinaan Pemuda Remaja Masjid.
12. Modul SGQ, sebanyak 6 buku/modul: Modul SGQ 1 sampai dengan SGQ 6.
13. Buku Pedoman Pelaksanaan TOT untuk Mudarrib SGQ
14. Buku atau Modul TOT untuk Mudarrib SGQ
15. Buku Pedoman Pelaksanaan Penataran Para Muaddib SGQ
16. Buku atau Modul Penataran Para Muaddib SGQ

Untuk mengimplementasikan Grand Desain Kaderisasi BKPRMI 2019 Sistem ta’dibiyah tersebut, maka LPPDSDM BKPRMI Pusat selaku badan otonom yang berwenang melaksanakan kegiatan pendidikan, pembinaan dan pengembangan membuat kebijakan untuk segera melaksanakan program kaderiasi internal dan pembinaan eksternal.

Akan tetapi sebelum itu, satu hal yang penting yang harus dilakukan adalah menyiapkan dan melatih tenaga-tenaga trampil untuk ditugaskan; pertama, sebagai Mudarrib (Trainer/Pelatih/Instruktur) dalam kegiatan pelatihan Kaderiasi BKPRMI di semua tingkatan .

Dan yang kedua, sebagai Muaddib (Pembina/Mentor) dalam kegitan Pembinaan baik pembinaan internal yakni seluruh kader dan pengurus BKPRMI, maupun pembinaan eksternal yaitu seluruh pemuda remaja masjid dilaingkungan masyarakat umum, sekolah dan kampus.

Posting Komentar

0 Komentar